Tips dan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email dengan Baik

oleh -23 views
Tips dan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email dengan Baik
Hosting Unlimited Indonesia

Sekarang mengirim surat lamaran, tidak hanya secara langsung dimana seseorang mendatangi tempat yang akan dilamar. Sebab, dengan zaman yang semakin berkembang mengirim surat lamaran bisa menggunakan Email. Dimana, Email merupakan surat elektronik, yang cukup sering digunakan. Berikut cara mengirim surat lamaran kerja dengan Email yang baik:

1. Pelamar Memastikan Alamat Email dan Berkas Lamaran

Pertama, ketika akan mengirim surat lamaran kerja, pastikan pelamar memiliki alamat email yang sesuai dengan Namanya. Sebab, hal ini akan sangat berpengaruh ketika HRD memeriksa mengenai pelamar. Untuk itu, juga hindari penamaan email yang sulit dibaca. Dengan demikian, akan mudah bagi HRD untuk mengenali.

Nah, selain dari penamaan email, berkas lamaran juga perlu diperhatikan. Pastikan file berkas lamaran yang akan dikirim via email tersebut tidak lebih dari 1 MB. Supaya memudahkan HRD untuk download file tersebut. Saran, jangan menggunakan file dengan format zip atau rar.

2. Menggunakan Bahasa Resmi dan Menulis Subject Dengan Jelas

Kemudian, tips atau cara mengirim surat lamaran kerja haruslah menggunakan Bahasa resmi. Pakailah Bahasa Indonesia yang bijak, tetapi ketika memakai Bahasa Inggris juga pastikan grammar tersusun dengan rapi. Sebab, ketika melamar pekerjaan pada email, bukan saja dengan berkas file saja, tetapi dengan kalimat pada isi email tersebut.

Selain itu, untuk subject yang ada di email, usahakan ditulis dengan jelas. Biasanya, untuk subject terdapat ketentuan dari perusahaannya. Apabila tidak ada maka bisa seperti ini, Shindy Kurnia-Content Creator-Job Application. Dengan demikian, akan membuat HRD tahu bahwa email tersebut merupakan pelamar.

3. Menggunakan Pembuka, Isi, serta Penutup

Seperti yang sedikit disinggung tadi, bahwa mengirim surat lamaran di email tidak hanya bercak saja, tetapi dengan beberapa kalimat. Untuk itu, sertakan salam dan pembuka, kemudian dilanjut dengan nisi. Lalu, terakhir diisi dengan penutup yang jelas. Untuk lebih jelas mengenai kalimatnya bisa dilihat pada contoh surat lamaran kerja via email yang ada di internet.

4. Kejelasan Berkas Lamaran

Nah, pastikan dalam mengirim surat lamaran tersebut jelas, yang mana file tersebut berisi curriculum vitae. Tidak perlu menekan pada berkas pendukung seperti pas foto, KTP, maupun ijazah. Berkas tersebut dilampirkan, hanya jika perusahaan memberikan ketentuan. Tetapi, pastikan dalam CV nya menyertakan informasi dengan lengkap dan jelas.

5. Mempertimbangan Waktu Pengiriman

Terakhir, ketika akan mengirim suatu lamaran pekerjaan lewat email, penting juga memperhatikan waktu. Jadi, usahakan mengirim pada waktu jam kerja, misal rentan dari jam 10 sampai 11, atau jam 2 siang hingga jam 3. Apabila berkas telah siap dan kalimat telah tersusun rapi dengan subject yang benar. Maka, bisa langsung mengirimkan lamarannya.

Itulah tadi, beberapa tips atau  cara mengirim surat lamaran kerja  dengan email yang baik. Pastikan alamat yang dituju perusahaannya ditulis dengan betul. Supaya nantinya tidak salah mengirim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.