Sistem Peredaran Darah

oleh -46 views
Sumber: bohatala.com
Hosting Unlimited Indonesia

Sistem Peredaran Darah pada Invertebrata

Misalnya :

  • Pada Hydra berupa rongga gastrovascular .
  • Pada Planaria sp. berupa rongga pencernaan yang bercabang-cabang ke semua jaringan tubuh.
  • Pada cacing tanah, alat peredaran darah nya berupa pembuluh darah (pembuluh darah punggung, pembuluh darah perut, dan pembuluh darah samping), lima pasang lengkung aorta (berfungsi sebagai jantung) dan darah yang mengandung haemoglobin.
  • Pada insekta, sistem peredaran darahnya adalah sistem peredaran darah terbuka, alat pemompa darahnya berupa jantung pembuluh, darahnya tidak berwarna merah Karen tidak mengandung Hb, dan O2 di edarkan oleh sistem trakea.

Sistem Peredaran Darah pada Vertebrata

Vertebrata mempunyai sistem peredaran darah tertutup sehingga dalam peredarannya darah selalu terdapat di dalam pembuluh.

a. Sistem Peredaran Darah pada Ikan

Sistem peredaran darahnya tertutup dan tunggal. Alat peredaran darahnya berupa jantung yang mempunyai dua ruang (satu atrium dan satu ventrikel).

b. Sistem Peredaran Darah pada Amfibi

Sistem peredaran darah nya tertutup dan ganda. Alat peredaran darah nya berupa jantung (3 ruang, dua atrium dan satu ventrikel) dan pembuluh darah (arteri dan vena). Arterinya meliputi arterikarotis dan arteri pulmokutaneus, sedangkan venanya meliputi vena kava, vena pulmokutaneus, dan vena porta.

c. Sistem Peredaran Darah pada Reptil

Sistem peredaran darah nya tertutup dan ganda. Alat peredaran darahnya berupa jantung (4 ruang, dua atrium dan dua ventrikel dengan sekat yang belum sempurna) dan pembuluh darah (aorta dan vena). Aortanya meliputi aorta kanan dan aorta kiri, sedangkan venanya meliputi vena pulmokutaneus dan vena porta.

d. Sistem Peredaran Darah pada Aves

Sistem peredaran darahnya tertutup dan ganda. Alat peredaran darahnya berupa jantung (4 ruangan atrium dan dua ventrikel dengan sekat sempurna ) dan sistem porta (sistem porta hepatikus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.