Pengertian Biologi

oleh -88 views
Pengertian Biologi
Hosting Unlimited Indonesia

Biologi (bahasa Yuani, bios = hidup; logos = ilmu) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji dan mempelajari tentang makhluk hidup dan teori-teori yang mengungkap kehidupan.

Ciri-ciri makhluk hidup: memerlukan nutrisi sebagai sumber energi, bernapas untuk memperoleh oksigen, memilki iritabilitas atau kemampuan untuk menanggapi rangsangan internal/eksternal, mampu bergerak, mengekskresikan atau membuang zat-zat sisa metabolisme dari dalam tubuh, mampu bereproduksi, dan mengalami pertumbuhan.

Cabang Biologi dan Bidang Kajiannya

Cabang biologi diadakan untuk mempermudah mempelajari biologi.

Cabang Biologi Bidang Kajian
Morfologi

Anatomi

Fisiologi

Takstonomi

Embriologi

Histologi

Genetika

Ekologi

Zoologi

Botani

Mikrobiologi

Sitologi

Evolusi

Bakteriologi

Mikologi

Ornitologi

Entomologi

Virologi

Paleontologi

Bioteknologi

Struktur luar tubuh makhluk hidup

Struktur dalam tubuh makhluk hidup

Fungsi kerja organ tubuh makhluk hidup

Pengelompokkan makhluk hidup

Perkembangan embrio

Struktur dan fungsi jaringan-jaringan tubuh makhluk hidup

Sifat keturunan beserta seluk beluknya secara ilmiah

Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya

Dunia hewan

Dunia tumbuhan

Jasad renik atau mikroba

Struktur dan fungsi sel-sel tubuh makhluk hidup

Perkembangan makhluk hidup dari tingkat rendah ke tingkat tinggi

Bakteri

Jamur

Burung

Serangga

Virus

Fosil dan hubungannya dengan sejarah bumi

Pemafaatan teknologi terhadap makhluk hidup untuk lebih meningkatkan potensinya

Objek Kajian Biologi

Objek kajian biologi terdapat dalam tingkatan atau hirarki kehidupan, yaitu molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi komunitas, ekosistem, dan bioma.

  1. Molekul: partikel penyusun tubuh makhluk hidup; meliputi atom-atom penyusun molekul, seperti air, protein, glukosa, dan DNA.
  2. Sel: unit kehidupan terkecil; meliputi molekul-molekul penyusun sel, seperti organel sel.
  3. Jaringan: sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama; meliputi struktur, ciri, dan fungsi setiap jaringan.
  4. Organ molekul kumpulan dari berbagai jaringan yang membentuk suatu unit fungsional; meliputi struktur dan fungsi organ, seperti organ jantung.
  5. Sistem organ: dua organ atau lebih yang bekerja sama melakukan fungsi tubuh; meliputi fungsi yang dijalankan oleh beberapa orangnya dilakukan secara bersama-sama.
  6. Individu: sekumpulan sistem organ yang bekerja bersama-sama melakukan kegiatan hidup; meliputi ciri, eran, dan kelangsungan hidup individu.
  7. Populasi: sekelompok individu sejenis pada area yang sama; meliputi interaksi antarindividu sejenis maupun lain jenis.
  8. Komunitas: dua populasi atau lebih yang hidup bersama pada area yang sama; meliputi berbagai interaksi antarpopulasi.
  9. Ekosistem: komunitas bersama dengan lingkungan di sekitarnya; meliputi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya (biotik dan abiotik).
  10. Bioma: tipe ekosistem regional dengan komunitas serupa; meliputi ciri dan cara hidup makhluk pada ekosistem tertentu.
  11. Biosfer: bagian bumi yang meliputi kulit bumi, air, dan atmosfer tempat adanya kehidupan; meliputi kehidupan secara global.

Manfaat Mempelajari Biologi

  1. Memahami diri sendiri dan benda hidup lainnya, baik tentang struktur penyusun tubuh maupun proses yang berlangsung di dalam tubuh.
  2. Mengetahui cara kerja alat-alat tubuh dan pengaruhnya jika tidak bekerja secara normal.
  3. Mengetahui cara mencegah terjadinya kelainan/kerusakan pada fungsi kerja alat-alat tubuh.
  4. Mengetahui cara penularan suatu penyakit dan cara menanggulangi penyakit tersebut.
  5. Membantu peningkatan kesejahteraan hidup manusia.
  6. Memilki pengetahuan dasar untuk berbagai bidang dan profesi.

Metode Ilmiah dalam Studi Biologi

Metode ilmiah digunakan oleh biologiwan untuk mempelajari dan mengembangkan biologi. Tahap-tahap metode ilmiah: Observasi → merumuskan masalah → membuat jawaban sementara (hipotesis) → melakukan percobaan (eksperimen) → membuat kesimpulan → publikasi. Jika kesimpulan tersebut, maka akan berkembang menjadi teori yang selanjutnya menjadi hukum ilmiah.

Biologiwan harus bersikap ilmiah dalam bekerja, yaitu sikap untuk bertindak sesuai dengan kaidah ilmu pengetahuan. Misalnya, objektif, jujur terhadap fakta, terbuka, takun, membedakan fakta dan opini, memiliki rasa ingin tahu, berpendapat secara ilmiah dan kritis, serta berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan beragumentasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *