Organ Reproduksi Manusia

oleh -98 views
Sumber: dreamstime.com
Hosting Unlimited Indonesia

Reproduksi adalah kemampuan organism untuk menghasilkan organisme baru yang sifatnya sama persis dengan induknya atau merupakan penggabungan sifat dari kedua induknya. Oleh karena itu reproduksi di lakukan oleh semua organisme untuk menjaga supaya jenisnya tidak punah.

Organ Reproduksi

Manusia hanya melakukan reproduksi seksual.Pada reproduksi seksual di libatkan organ reproduksi (kelamin) penghasil sel kelamin.Organ reproduksi pria dan organ reproduksi wanita sudah terpisah.

a. Organ Reproduksi Pria

Organ reproduksi pria terdiri atas organ reproduksi luar dan organ reproduksi dalam.Organ reproduksi luar terdiri atas penis dan skrotum.Sedangkan organ reproduksi dalam terdiri atas testis, saluran kelamin (epididimis, vas deferens, saluran ejakulasi, uretra), dan kelenjar kelamin (vesikula seminalis, kelenjar prostat, kelenjar bulbouretra atau kelenjar Cowper).

Organ Reproduksi Pria
Sumber: link.springer.com

b. Organ Reproduksi Wanita

Organ reproduksi wanita terdiri atas organ reproduksi luar dan organ reproduksi dalam.Organ reproduksi luar terdiri atas vulva dan labium.Sedangkan organ reproduksi dalam terdiri atas ovarium (indung telur) dan saluran kelamin. Saluran kelamin terdiri atas saluran telur (tuba falopii),rahim (uterus),dan vagina (liang peranakan).

Sumber : ib.bioninja.com.au

Proses Pembentukan Gamet

Pembentukan gamet (gametogenesis) di bedakan menjadi dua, yaitu spermatogenesis dan oogenesis.

a. Spermatogenesis

Spermatogenesis adalah proses pembentukan sperma yang terjadi di dalam testis (buah zakar).

Skema spermatogenesis  dapat di gambarkan sebagai berikut :

Skema spermatogenesis

b. Oogenesis

Oogenesis adalah proses pembentukan ovum (sel telur) yang terjadi di dalam ovarium (indung telur).

Skema oogenesis dapat di gambarkan sebagai berikut.

Skema oogenesis

Jadi jumlah sel akhir oogenesis dan spermatogenesis berbeda. Setiap oogonium akan menghasilkan sebuah sel telur, sedangkan setiap spermatogonium akan menghasilkan empat sperma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *