Mengapa Bayi Perlu Oralit? Simak Tanda-Tandanya di Sini

oleh -26 views
Mengapa Bayi Perlu Oralit? Simak Tanda-Tandanya di Sini
Hosting Unlimited Indonesia

Sebagian besar Ibu pada masa sekarang tentu saja sudah tidak asing dengan sebuah perawatan khusus bayi yang dikenal dengan oralit. Namun sayangnya, banyak Ibu yang kurang mengenali momen yang tepat khusus memberikan oralit untuk bayi sesuai tandanya. Belum lagi, beberapa tanda terkadang malah diabaikan oleh para Ibu.

Sebenarnya, untuk memberikan cairan oralit yang dibuat dari larutan garam dan air ini, setiap Ibu perlu memperhatikan terlebih dahulu tandanya. Ditambah lagi, jenis larutan ini tidak bisa diberikan secara sembarangan begitu saja dan memerlukan kehati-hatian mulai dari membuat sampai memberikan. Silakan simak beberapa tanda bahwa bayi memerlukan oralit berikut ini:

1. Mengalami Diare

Tanda yang pertama yang perlu diperhatikan oleh setiap Ibu adalah bayi kesayangan yang tengah mengalami gejala diare selama beberapa hari. Gejala diare ini secara tidak langsung juga menunjukkan nutrisi yang berkurang dari bayi sehingga perlu diisi kembali melalui bantuan oralit. Ditambah lagi, bayi mungkin lebih mudah dalam mengalami dehidrasi nantinya.

2. Buang Air Kecil Berkurang

Ketika masih dalam usia bayi, buang air kecil pun menjadi aspek yang penting terutama jumlah intensitasnya dalam waktu sekitar sehari. Terutama bagi yang tidak tahu, setiap bayi biasanya memiliki kebiasaan untuk buang air kecil setidaknya satu sampai tiga kali sehari. Jika ternyata kurang dari itu, maka silahkan berikan cairan oralit.

3. Bayi Kurang Aktif

Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa seorang bayi tengah mengalami dehidrasi yang cukup parah adalah adanya gerakan yang kurang aktif. Jika memang menemukan gejala seperti itu dan tidak seperti pada hari-hari yang biasanya, maka silahkan coba berikan cairan khusus oralit. Nantinya tunggu selama beberapa waktu dan biarkan bayi istirahat dahulu.

4. Air Mata yang Habis

Tidak dapat dimungkiri bahwa salah satu hal yang sangat terkait dengan bayi adalah sikapnya yang rewel dan mudah untuk menangis. Namun biasanya ketika bayi merasa kurang enak badan termasuk adanya cairan yang kurang dalam tubuhnya, air matanya akan terkuras habis. Ketika hal tersebut terjadi, maka oralit bisa jadi solusi terbaik.

5. Mulut yang Kering

Gejala yang lainnya yang bisa dikenali sejak awal ketika bayi memerlukan  oralit adalah ketika ditemukan mulut yang dalam kondisi kering. Selain itu, jika Ibu menemukan adanya tanda yang mulai mengkhawatirkan seperti bibir yang pecah-pecah, maka silahkan langsung berikan bantuan oralit. Oralit bisa diberikan melalui bantuan botol susu bayi baru lahir.

Mengenali tanda-tanda yang menunjukkan bahwa bayi memerlukan perawatan khusus melalui bantuan oralit seperti di atas bisa membantu Ibu pertama kalinya. Selain itu, untuk memberikan cairan oralit yang dibuat dengan hati-hati, para Ibu juga bisa memanfaatkan botol susu yang biasanya dipakai. Namun untuk yang lebih berkualitas, silakan coba botol dari Dr.Brown’s.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.