Memahami Pertumbuhan Fisik Remaja Menurut Mustika Pustaka Negeri

oleh -5 views
Memahami Pertumbuhan Fisik Remaja Menurut Mustika Pustaka Negeri
Hosting Unlimited Indonesia

Usia remaja kerap kali ditandai dengan pertumbuhan serta perkembangan dalam tubuhnya seperti halnya dijelaskan pada mustika Pustaka negeri. Pertumbuhan fisik remaja ini tentunya menjadi pertanda bahwa remaja tersebut telah memasuki usia yang matang secara fisiologis dan biologis.

Maka dari itu untuk tidak usah khawatir dan takut apabila tubuh mengalami perubahan. Selain itu sebagai orang tua perlu menjelaskan dan juga mendampingi remaja ini saat memasuki masa tersebut.

Orang tua bisa memberikan penjelasan serta pengertian yang baik pada anaknya yang berada pada usia remaja. Dengan begitu remaja tersebut akan beradaptasi dan juga tenang saat menghadapi proses perkembangan.

1. Perubahan Bentuk Tubuh

Seperti yang dijelaskan mustika Pustaka negeri dalam pertumbuhan fisik remaja perempuan maupun laki – laki mutlak terjadi. Pada remaja laki – laki akan mengalami perubahan pada bentuk bahu dan postur tubuh yang semakin bidang dan tinggi.

Selain itu remaja laki – laki akan mengalami perubahan ukuran alat vital seperti testis dan juga penisnya. Perubahan ukuran alat vital berpengaruh pada daya seksualitas yang semakin meningkat, disamping itu juga mengalami mimpi basah.

Hal yang sama terjadi pada remaja perempuan yang akan mengalami perubahan pada ukuran payudara, menstruasi. Selain itu juga ada perubahan suara pada remaja laki – laki yang semakin besar, munculnya jerawat tanda pubertas.

2. Perkembangan Jaringan Tubuh

Pertumbuhan fisik juga ditandai dengan jaringan otot yang semakin menguat. Menurut mustika Pustaka negeri hal tersebut dipengaruhi oleh hormone yang ada dalam tubuh. Beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan fisik remaja diantaranya sistem endokrin, keturunan, lingkungan dan juga takdir.

Beberapa faktor di atas tentu akan membuat perubahan terhadap fisik remaja saat masa pubertas. Maka dari itu perlu untuk penjelasan pada remaja bahwa hal tersebut lumrah dan normal terjadi pada rentang usia tersebut.

3. Perubahan Seksualitas

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa hormon akan mempengaruhi seksualitas remaja. Remaja lelaki akan mengalami pertumbuhan jakun, kumis, rambut di ketiak dan alat vital. Selanjutnya untuk perubahan seksual yang terjadi pada remaja perempuan bisa terjadi lebih awal daripada laki – laki.

Beberapa perubahannya diantaranya tumbuh buah dada yang diawali dengan sakit pada buah dada. Selanjutnya tumbuhnya rambut pada ketiak dan juga area vital. Selain itu remaja perempuan akan mengalami menstruasi pada setiap bulannya.

4. Perubahan Dalam Hal Fisiologis

Beberapa hal berkaitan fisiologis yang nantinya mempengaruhi kondisi remaja diantaranya denyut nadi yang turun, volume pernapasan yang menurun, tekanan darah sistolik. Hal – hal diatas kerap terjadi pada remaja saat beranjak dewasa.

5. Pertumbuhan Fisik Mempengaruhi Emosional

Menurut mustika Pustaka negeri pertumbuhan fisik  remaja akan mempengaruhi emosionalitas yang dimiliki remaja tersebut. Tentu peran orang tua harus intensif disana, tak jarang akibat pertumbuhan fisik remaja membuat gejolak emosi tidak menentu.

Beberapa dampak yang bisa ditimbulkan yakni mudah tersinggung. Selain itu tubuh akan mudah Lelah, gangguan pencernaan dan juga nafsu makan.

Oleh sebab itu orang tua harus lebih pengertian dalam menyikapi anaknya pada saat usia remaja. Bahkan untuk remaja perempuan akan sering mengalami sakit pada saat menstruasi dan hal itu harus disikapi dengan bijak.

Demikian uraian terkait dengan pertumbuhan fisik remaja menurut mustika Pustaka negeri yang bisa diketahui. Beberapa ciri dan tanda yang telah dijelaskan diatas normal terjadi pada usia remaja laki–laki maupun perempuan. Oleh sebab itu tidak perlu khawatir apabila mengalami beberapa gejala pertumbuhan fisik remaja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.