Konsep Ilmu Ekonomi

oleh -59 views
Konsep Ilmu Ekonomi
Hosting Unlimited Indonesia

Hakikat Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakah bidang ilmu pengetahuan yang sangat luas ruang lingkupnya. Oleh karena itu, tidak mudah membuat satu definisi yang bisa memberikan gambaran tepat mengenai analisis-analisis ilmu ekonomi. Lantas, apa pengertian ilmu ekonomi? Bagaimana pula dengan teori, model, metode, dan hukumnya? Mari kita simak uraian berikut!

  • Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana usaha manusia menggunakan sumber daya yang terbatas untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan serta mencapai kemakmuran.
  • Teori ekonomi adalah konsep pemikiran dan pandangan-pandangan yang diperoleh dari data-data yang ada dalam kehidupan ekonomi yang kemudian disusun, diolah, dan dianalisis sehingga menjadi kesimpulan yang bersifat umum.
  • Model ekonomi adalah pernyataan formal sebuah teori. Model ekonomi dibentuk berdasarkan teori ekonomi yang telah disusun sebelumnya. Adapun bentuknya dapat dinyatakan secara verbal, diagram, dan matematis. Contohnya model siklus kegiatan ekonomi atau circular flow
  • Metode yang digunakan dalam ilmu ekonomi ada dua, yaitu metode deduktif dan metode induktif. Metode deduktif adalah metode pengambilan keputusan untuk hal-hal yang khusus berdasarkan kesimpulan yang bersifat umum. Adapun metode induktif adalah metode pengambilan keputusan untuk hal-hal yang umum berdasarkan kesimpulan yang bersifat khusus.
  • Hukum ekonomi adalah hubungan antara peristiwa-peristiwa ekonomi. Hubungan dalam peristiwa-peristiwa ekonomi bisa berbentuk hubungan fungsional dan hubungan kausal.

 

Pembagian llmu Ekonomi

Ilmu ekonomi dibagi dalam ilmu ekonomi teori, ilmu ekonomi deskriptif, dan ilmu ekonomi terapan.

  • Ilmu ekonomi teori menjelaskan hubungan antara peristiwa-peristiwa ekonomi dan dirumuskan dalam hukum-hukum ekonomi. Ilmu ekonomi teori dikelompokkan dalam ilmu ekonomi mikro dan makro.
  • Ilmu ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari dan menganalisis bagian-bagian tertentu dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Dalam ilmu ekonomi ini dipelajari bagaimana konsumen membelanjakan pendapatannya untuk mencapai kepuasan maksimum dan bagaimana seorang produsen meningkatkan keuntungan.
  • Adapun ilmu ekonomi makro adalah ilmu yang menganalisis kegiatan perekonomian secara keseluruhan. Contoh kegiatan ekonomi yang dianalisis ilmu ekonomi makro diantaranya pendapatan nasional, pengeluaran pemerintah, tingkat investasi, kesempatan kerja, dan tingkat harga pada umumnya. Selain itu, ilmu ekonomi makro juga mempelajari sebab dan cara mengatasi inflasi, defisit neraca pembayaran dan pengangguran.
  • Ilmu ekonomi deskriptif adalah studi ekonomi yang menerangkan dan menguraikan fenomena-fenomena ekonomi yang dihubungkan dengan persoalan ekonomi atau topik tertentu sehingga memberjkan gambaran, baik dalam bentuk angka-angka, gambar maupun lambang tertentu.
  • Ilmu ekonomi terapan adalah studi yang menggunakan hasil-hasil perekonomian yang terkumpul dalam ilmu ekonomi teori untuk menerangkan fakta-fakta yang dikumpulkan oleh ilmu ekonomi deskripsi. Dalam ilmu ekonomi terapan dibahas bagaimana ilmu ekonomi teori merumuskan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi.
  • Dalam ilmu ekonomi terapan juga dibahas bagaimana ilmu ekonomi teori merumuskan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi masalah-masalah ekonomi. Masalah-masalah ekonomi seperti inflasi, pengangguran, distribusi pendapatan yang tidak merata, utang luar negeri yang semakin meningkat, dan defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

 

Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Kegiatan ekonomi dilaksanakan melalui tindakan ekonomi, motif ekonomi, dan prinsip ekonomi. Berikut uraian tentang ketiga konsep tersebut.

  • Tindakan ekonomi adalah tindakan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan. Tindakan ekonomi ada dua jenis, yaitu tindakan ekonomi rasional dan tindakan ekonomi tidak rasional.
  • Tindakan ekonomi rasional adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan dan kenyataannya demikian. Adapun Tindakan ekonomi irasional adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak
  • Saat melakukan tindakan ekonomi, seseorang pasti didorong oleh suatu keinginan. Keinginan yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi. Motif ekonomi adalah segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi.
  • Motif melakukan tindakan ekonomi bisa datang dari diri manusia sendiri bisa pula dari lingkungannya. Motif yang datang dari diri manusia sendiri disebut motif intrinsik, sedangkan motif yang datang dari lingkungan disebut motif ekstrinsik. Dalam kaitan itu, motif ekonomi terdiri atas motif memenuhi kebutuhan, motif mendapatkan laba, motif mendapatkan kekuasaan ekonomi, motif mendapatkan penghargaan, dan motif sosial.
  • Prinsip ekonomi adalah pedoman melakukan tindakan ekonomi dimana di dalamnya terkandung asas dengan pengorbanan terlentu diperoleh hasil yang maksimal, atau dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil
  • Penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari membuat kita dapat berpikir dan bertindak secara ekonomi Berpikir secara ekonomis berarti kita tidak hanya berpikir bagaimana menghasilkan produk dengan alat yang tersedia, tetapi juga berpikir bagaimana alat yang tersedia itu dapat dimanfaatkan untuk masa datang. Adapun bertindak secara ekonomis berarti kita senantiasa menentukan pilihan setepat-tepatnya terhadap alat pemuas kebutuhan yang diinginkan.

sumber : https://www.husnaramdani.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *