Kelebihan Mesin RO untuk Penyedian Sumber Air Perumahan Dekat Pantai

oleh -4 views
Kelebihan Mesin RO untuk Penyedian Sumber Air Perumahan Dekat Pantai
Hosting Unlimited Indonesia

Perumahan dekat pantai identik dengan kesulitan sumber air bersih. Pengelola perumahan bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan sumber air laut sebagai air bersih siap pakai. Air laut bisa diolah menjadi air siap pakai bahkan siap konsumsi dengan mesin RO. Penggunaan Mesin SWRO sebagai mesin penyedia sumber air memiliki kelebihan, diantaranya:

1. Sumber Air yang Tidak Terbatas

Sumber air yang ada di bumi memang bermacam-macam baik air tawar maupun air laut. Persediaan air yang paling banyak dan tidak mungkin habis adalah air laut. Pemanfaatan air laut sebagai sumber air bersih tentu akan sangat tepat karena tidak akan kekurangan sumber air.

Mesin RO atau yang lebih dikenal dengan Sea Water RO adalah mesin yang mampu menyaring air laut menjadi sumber air bersih siap pakai. Perumahan tepi pantai tidak akan kebingungan lagi karena mesin ini mampu menyediakan air dari sumber yang tidak terbatas. Kebutuhan air akan selalu terpenuhi berkat mesin ini.

2. Tidak Terpengaruh Perubahan Alam

Mesin-mesin lain yang menggunakan teknologi bukan RO hanya bisa mengolah air tanah, air sungai dan air lain yang ketersediaannya terpengaruh oleh perubahan musim. Persediaan air dari sumber-sumber tersebut akan melimpah saat musim hujan dan akan kekurangan saat musim kemarau. Jenis mesin filtrasi tersebut tidak akan bisa bekerja jika sumber airnya tidak ada.

Mesin SWRO memanfaatkan air laut sebagai sumber airnya. Air laut sendiri adalah sumber air yang tidak terpengaruh oleh perubahan musim baik kemarau maupun musim hujan. Berkat mesin ini, air bersih akan selalu tersedia di musim apapun sepanjang tahun.

3. Efektif Menghilangkan Kontaminasi

Air adalah zat yang sangat mudah terkontaminasi oleh zat-zat lain seperti zat berbahaya dari limbah pabrik, logam berat dan lain-lain. Sumber air tawar yang ada sekarang juga tidak luput dari kontaminasi ini. Kontaminan ini yang membuat air tawar yang tersedia menjadi tidak aman konsumsi.

Mesin SWRO memiliki teknologi dengan memanfaatkan membran yang memiliki pori-pori sangat kecil untuk menyaring air. Hasil air yang disaring menggunakan mesin ini sangat bersih dan mendekati air murni. Mikroorganisme berbahaya seperti protozoa dan jenis lainnya bahkan juga ikut tersaring di membrane mesin SWRO.

4. Produksi Air Lebih Cepat

Perumahan terutama perumahan besar pasti membutuhkan air dalam jumlah besar baik untuk keperluan mencuci, mandi dan memasak. Persediaan air yang disediakan oleh PDAM terkadang jumlahnya tidak mencukupi atau bahkan kualitas airnya buruk. Masyarakat harus memutar otak lagi agar kebutuhan air rumah tangga tersebut dapat tercukupi.

Mesin SWRO ini bisa menjadi solusi untuk menyediakan sumber air bersih bagi warga perumahan di sekitar pantai. Sistem Mesin RO menggunakan pompa yang dapat mempercepat proses filtrasi dan mempercepat jalannya air. Pompa ini menyebabkan mesin dapat memproduksi air dalam jumlah banyak.

5. Biaya yang Lebih Ekonomis

Kebutuhan sumber air tidak hanya pada kebutuhan rumah tangga saja, tetapi juga air untuk konsumsi. Masyarakat umumnya menggunakan air galon untuk air yang dikonsumsi. Biaya yang dikeluarkan juga akan sangat banyak terutama untuk keluarga yang memiliki anggota banyak.

Mesin SWRO memang tergolong agak mahal, tetapi jika dihitung dengan seksama penggunaan mesin ini akan lebih menghemat biaya. Hasil air dari mesin ini bukan hanya siap pakai tetapi juga siap konsumsi. Masyarakat tidak membutuhkan air galon lagi jika memakai mesin ini.

Teknologi pada mesin RO adalah teknologi terbarukan yang memiliki banyak kelebihan. Penggunaan mesin ini untuk penyedia sumber air bersih sangat dianjurkan terutama untuk perumahan di sekitar pantai. Ketersediaan air bersih akan selalu terjamin karena sumber air yang diolah oleh mesin ini tidak akan habis dan tidak dipengaruhi musim.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *