Inilah Cara Memperbaiki Relay Lampu Mobil yang Mudah dan Tepat

oleh -74 Dilihat
Inilah Cara Memperbaiki Relay Lampu Mobil yang Mudah dan Tepat
Hosting Unlimited Indonesia

Relay lampu pada sebuah mobil adalah komponen penting yang harus ada. Pada mobil sering terjadi relay lampu mobil yang bermasalah dan banyak yang tidak mengetahui cara untuk memperbaikinya. Untuk cara memperbaiki relay lampu mobil yang benar, pengguna atau pengemudi bisa menggunakan cara-cara berikut ini:

1. Ganti Bohlam Lampu

Bohlam lampu yang memiliki daya besar malah akan berpotensi membuat relay lampu cepat rusak. Karena, tidak semua mobil memiliki daya yang sama serta memiliki standar yang sama. Mobil yang menggunakan daya lampu melebihi kapasitasnya akan membuat relay lampu mobil menjadi lebih cepat panas dan bisa menyebabkan kerusakan.

Cara untuk menanganinya yaitu dengan mengganti bohlam lampu ke daya sesuai dengan kapasitas mobil tersebut. Bisa juga menggunakan daya di bawahnya jika ingin relay mobil lebih awet. Pengguna bisa menggunakan daya yang lebih besar namun dengan catatan harus ada komponen dari mobil yang diganti agar dayanya dapat seimbang.

2. Pemasangan Kendor

Perlu diketahui, pemasangan relay lampu mobil yang tidak tepat akan membuat keseluruhan komponen juga tidak benar. Pemasangan yang kendur serta tidak tepat akan membuat lampu yang dipasang mudah panas. Nah, sebaiknya pasanglah relay lampu mobil dengan teliti dan pastikan dipasang dengan kuat. Selain, agar tidak cepat panas tetapi juga agar lampu yang dipasang tidak mudah lepas.

Jika dipasang dengan longgar malah akan membuat daya listrik melonjak lebih tinggi. Efek dari kenaikan tersebut adalah dapat membuat lampu cepat panas dan akan merembet ke komponen lainnya. Maka dari itu, perhatikan betul saat pemasangan relay lampu mobil ini jangan sampai salah dan harus memasang ulang.

3. Gunakan Kabel Yang Pas

Kabel untuk memasang relay lampu pada setiap mobil tentunya berbeda-beda. Hal tersebut ditentukan dengan spesifikasi mobil dan tentunya ukuran standar mobil dari pabriknya. Penggunaan kabel yang tidak sesuai dengan ukuran relay lampu cepat rusak serta bahayanya lagi bisa menyebabkan kebakaran.

Untuk cara memperbaiki relay lampu mobilnya, sebaiknya ganti kabel dengan ukuran yang sesuai. Jangan sampai menggunakan kabel yang tidak memenuhi standar. Gunakan kabel dengan ukuran yang sesuai dengan kapasitas mobil serta yang penting tidak membahayakan mobil serta seluruh komponen di dalamnya.

4. Pilih Relay Dengan Kualitas Terbaik

Jika sudah menggunakan semua cara di atas dan tidak berhasil maka bisa jadi penyebabnya adalah kualitas dari relay lampu tersebut yang jelek. Sebaiknya, pilihlah relay mobil dengan kualitas yang bagus serta harus selektif juga dalam memilihnya. Jangan tergiur dengan harga yang di bawah standar dan malah akan membuat rusak seluruh komponen di dalam mobil.

Cara untuk memilih relay yang benar bisa dilihat dari kondisi fisik relay tersebut. Jangan membeli relay yang berbahan dasar plastik, karena tidak kokoh dan mudah untuk terbakar. Selain itu, perhatikan juga dari segi merk yang ditawarkan apakah mereknya sudah pernah beredar di pasaran atau belum. Nah, untuk tahu ciri-ciri relay berkualitas, silakan cari tahu lewat situs Mobilku karena di sana banyak informasi seputar otomotif.

Nah, itulah cara memperbaiki relay lampu mobil yang rusak serta cepat panas. Pengguna juga dapat melihat informasi lain tentang perawatan mobil pada situs rujukan yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk menghindari kerusakan fatal pada mobil, sebaiknya perbanyak informasi baik dari rekan ataupun internet.

No More Posts Available.

No more pages to load.