Inilah 5 Komponen Penyusun AC Split yang Wajib Dipahami

oleh -25 views
Inilah 5 Komponen Penyusun AC Split yang Wajib Dipahami
Hosting Unlimited Indonesia

AC Split termasuk salah satu ac terbaik sekaligus AC hemat energi yang tersedia. Selain itu, penggunaan dari tipe AC ramah lingkungan ini tentu saja akan menguntungkan bagi para pemakainya. Terlebih tipe AC ini tidak ketinggalan jauh dengan AC multi split.

Hal tersebut didukung dengan adanya komponen penyusun yang terdapat dalam AC Split. Karena berbagai komponen yang ada bekerja sama demi menghasilkan sirkulasi udara yang maksimal untuk menyejukkan ruangan. Maka simak berbagai komponen penyusun dari sistem kerja ac split berikut ini:

1. Evaporator 

Komponen pertama yang ada dalam AC Split adalah evaporator. Pada tipe jenis AC ini biasanya evaporator berbentuk pipa dengan bahan tembaga berukuran panjang dan diameter yang disesuaikan. Sementara untuk desain evaporator sendiri dibuat berlekuk.

Hal tersebut sebenarnya sengaja dibentuk demikian. Dengan tujuan untuk menghemat tempat selain itu juga agar mampu dalam penyerapan suhu panas udara. Sehingga lebih efektif saat digunakan.

2. Filter Udara

Komponen selanjutnya yang juga terdapat dalam tipe AC Split adalah ketersediaan dari filter udara. Hal ini mengakibatkan udara yang telah melalui evaporator akan disaring ulang oleh filter udara ini. Sehingga, nantinya udara yang keluar dari AC Split akan lebih bersih.

Sekaligus juga demi penjaminan agar terbebas dari berbagai virus berbahaya. Maka dari itu, keberadaan filter udara dalam sebuah AC termasuk tipe AC Split sangatlah penting. Hal ini menjadi suatu komponen pokok keberadaan AC.

3. Motor Blower

Komponen berikutnya adalah keberadaan dari motor blower. Komponen tersebut ternyata memiliki fungsi untuk sirkulasi udara menuju evaporator. Sekaligus juga sebagai pengatur bagaimana capaian suhu udara sesuai keinginan.

Nantinya pengaturan dari suhu ini bisa menggunakan remote AC control. Sehingga perintah yang diminta oleh pemakai AC bisa langsung tersampaikan lewat remote tersebut. Semua sistemnya pasti terkoneksi satu sama lain.

4. Kondensor

Selanjutnya yang masuk dalam komponen AC split adalah keberadaan kondensor. Ini juga merupakan pipa yang terbuat dari tembaga sebenarnya komponen tersebut bertugas sebagai pelepas suhu pada panas udara. Yaitu suhu panas yang terbawa oleh freon untuk kemudian dilepas jadi udara dingin.

5. Sensor Suhu dan Control Panel

Komponen penting lainnya dari AC Split adalah tersedianya control panel dan sensor suhu. Hal ini bisa dikatakan sebagai suatu komponen pokok yang harus ada dalam AC split. Karena nantinya mengatur berbagai kinerja dari komponen lainnya.

Berbagai komponen yang ada ini pasti terhubung satu sama lain. Mengingat semua komponen yang ada ini akan semakin meningkatkan kinerja dari sebuah AC Split. Termasuk untuk penggunaan AC Multi S dan AC Inverter.

Itulah uraian mengenai komponen penyusun AC split yang wajib diketahui dan dipahami oleh pengguna. Semoga dengan adanya penjelasan ini akan lebih membuat pengguna paham terkait berbagai komponen yang harus ada pada AC Split.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.