Fotosintesis

oleh -43 views
Sumber: edrawmax.com
Hosting Unlimited Indonesia

Pengertian Fotosintesis

  1. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis. Tumbuhan hijau dapat berfotosintesis karena memiliki klorofil. Organisme yang mampu berfotosintesis disebut organisme autotrof. Organisme yang tidak mampu berfotosintesis disebut organisme heterotrof, misalnya hewan dan manusia.
  2. Faktor-faktor yang memengaruhi fotosintesis antara lain air (H20), karbon dioksida (C02), cahaya (terutama cahaya matahari), dan klorofil (zat hijau daun). Fotosintesis menghasilkan zat makanan berupa glukosa (C6H12O6) dan oksigen (02).
  3. Proses fotosintesis berlangsung di dalam kloroplas melalui dua tahap,yaitu reaksi gelap dan. reaksi terang.
  4. Pada reaksi terang (memerlukan cahaya) terjadi fotolisis, yaitu pemecahan moiekul air menjadi hidrogen dan oksigen.
  5. Pada reaksi gelap (tanpa cahaya) terjadi pengikatan karbon dioksida yang kemudian bergabung dengan hidrogen membentuk glukosa.
  6. Sebagian glukosa hasil fotosintesis dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri untuk kegiatan hidupnya. Sebagian disimpan dalam bentuk karbohidrat di bagian akar, batang, buah, dan biji, yang kemudian dimakan oleh manusia dan hewan.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Fotosintesis

  1. Faktor-faktor yang memengaruhi fotosintesis adalah air, karbon dioksida, cahaya, klorofil, suhu, dan oksigen.
  2. Air diperlukan agar stomata terbuka sehingga difusi karbon dioksida dapat berlangsung. Penurunan kadar air menurunkan laju fotosintesis.
  3. Karbon dioksida diperlukan untuk reaksi terang. Penurunan konsentrasi karbon dioksida menurunkan laju fotosintesis.
  4. Cahaya merupakan sumber energi untuk fotosintesis. Peningkatan intensitas cahaya meningkatkan laju fotosintesis, namun jika terlalu tinggi dapat merusak klorofil.
  5. Klorofil merupakan pigmen penyerap energi cahaya. Penurunan kandungan klorofil pada daun (misalnya karena kekurangan magnesium dan nitrogen) dapat menurunkan laju fotosintesis.
  6. Suhu memengaruhi kerja enzim untuk fotosintesis. Kenaikan suhu sebesar 10°C dapat meningkatkan kerja enzim dua kali lipat, namun jika suhu terlalu tinggi dapat merusak enzim.
  7. Kenaikan kadar oksigen akan menurunkan laju fotosintesis karena oksigen untuk respirasi akan bersaing dengan karbon dioksida dalam berikatan dengan hidrogen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *