Daya Tahan Tubuh dan Imunisasi

oleh -77 views
Sumber: technologynetworks.com
Hosting Unlimited Indonesia

Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh untk melawan bibit penyakit agar terhindar dari penyakit tersebut. Daya tahan tubuh di bedakan menjadi dua, yaitu daya tahan tubuh nonspesifik dan daya tahan tubuh spesifik.

a. Daya Tahan Tubuh Nonspesifik

Daya tahan tubuh nonspesifik adalah daya tahan tubuh terhadap bibit penyakit yang tidak selektif. Artinya tubuh kita tidak harus mengenal dahulu bibit penyakitnya dan tidak harus memilih satu bibit penyakit tertentu untuk di hancurkan. Misalnya asam laambung dapat membunuh berbagi macam bakteri patogen sekaligus.

b. Daya Tahan Tubuh Spesifik (Imunitas)

Daya tahan tubuh spesifik yaitu daya tahan tubuh yang khusus untuk jenis bibit penyakit tertentu saja. Oleh karena itu tubuh kita harus mengenal dahulu jenis bibit penyakitnya sehingga dapat memproduksi antibodi khusus untuk bibit penyakit tersebut. Misalnya, antibodi untuk bakteri tifus hanya efektif untuk membunuh bakteri tifus dan tidak mempunyai efek apa-apa pada bakteri TBC.

Daya tahan tubuh spesifik (imunitas) di bedakan menjadi dua, yaitu daya tahan tubuh spesifik humoral (imunitas humoral) dan daya tahan tubuh spesifik seluler (imunitas seluer).

Imunisasi

Imunisasi adalah suatu perlakuan yang megakibatkan seseorang menjadi kebal (imun) terhadap suatu penyakit. Macam-macam imunisasi, yaitu imunisasi aktif, imunisasi pasif, imunisasi buatan, imunisasi alamiah, imunisasi dasar, dan imunisasi ulangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *