Apa Itu Ikigai Asal Jepang dan Manfaatnya Buat Hidup Kita

oleh -34 views
Apa Itu Ikigai Asal Jepang dan Manfaatnya Buat Hidup Kita
Hosting Unlimited Indonesia

Udah ada yang tau Ikigai itu apa? Ikigai dalam Bahasa Jepang adalah gabungan dari kata Iki atau kehidupan dan Kai berarti realisasi harapan.  

 

APA ITU IKIGAI?

Ikigai bisa disebut sebagai filosofi pembangkit semangat buat orang-orang Jepang yang mau meningkatkan semangat kerja dan hidup mereka. Selain itu, Ikigai juga bermakna untuk mengenali tujuan hidup. Seseorang yang mengetahui IKIGAI nya, orang tersebut tau alasan mereka besok harus bangun pagi, mereka harus memperjuangkan sesuatu dan mereka memiliki harapan.

 

4 ELEMEN IKIGAI

Ikigai punya elemen sendiri yang terdiri dari gairah (passion), misi (mission), profesi (profession), serta pekerjaan (vocation) dan memiliki gabungan antar elemen. Yuk cari tau, elemen apa aja yang ada di dalam Ikigai sekaligus manfaatnya.

WHAT YOU LOVE

Bagian dari elemen ini bisa ngebantu kita di saat menentukan passion dan juga mission yang mau kita jalanin selama hidup kita. Semua yang berkaitan dengan urusan keduanya, bisa membuat kita melakukan kegiatan-kegiatan berdasarkan yang kita cintai. Jadi elemen di sini bukan berarti soal love life antara, pacar dan kita. Buat mendapatkan itu semua, coba buat mulai cintai diri sendiri dan sekitar kita, jangan sampe komentar-komentar orang akhirnya bikin kita putus ada. So, believe in yourself  if you are worthy!

WHAT YOUA ARE GOOD AT

Nah kalo kita udah tau apa yang kita sukain dan kita cinta, pastinya kita udah menjalankan hidup sesuai dengan lingkungan yang udah kita persiapkan. Misalnya, kita adalah anak IPA yang akhirnya mutusin buat jadi seorang peneliti di bidang Biologi. Dan dari situ, orang-orang bakal ngeliat kalo kita adalah seorang peneliti yang berhasil.  Jadi, jangan pernah ngerasa kalo kita nggak bisa apa-apa, karena sebenernya kita mampu dan udah dikasih kesempatan memilik kemampuan tertentu yang nggak semua orang punya. Dan hal itu yang bikin kita harus selalu bersyukur!

WHAT YOU CAN GET PAID FOR

Di elemen ketiga ini ngejelasin soal timbal balik. Orang yang berkerja atau melakukan sesuatu pasti punya timbal balik buat dirinya sendiri atau  buat orang lain. contohnya, kita punya keahlian khusus, setelah itu kita berusaha buat ngembangin keahlian tersebut. Dari kedua elemen itu, akhirnya menghasilkan timbal balik yang sesuai dengan apa yang kita udah kasih ke orang-orang di sekitar kita. Feedback atau timbal balik dari kedua elemen itu, nggak cuma bayaran dalam bentuk uang tapi juga berupa pengalaman.

WHAT THE WORLD NEEDS

Buat yang udah punya pekerjaan, pasti sebagian besar dari kebutuhan kita akan mudah kita penuhi seseuai kapasitas di diri kita sendiri, entah itu materil atau non materi. Tapi sayangnya, terkadang  kita ngerasa putus asa atau belum bisa memaknai hidup kita sendiri. Perlu diinget nih guys, perasaan itu cuma berlaku di saat kita belum melihat ke sekeliling  kita sendiri. Padahal sebenernya, kita bermakna banget buat hidup orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.