6 Cara Mengatasi GBWhatsapp Pending dengan Mudah

oleh -2 views
6 Cara Mengatasi GBWhatsapp Pending dengan Mudah
Hosting Unlimited Indonesia

Aplikasi sekelas GBwhatsapp pun bisa mengalami kendala, salah satunya pesan gagal terkirim. Cara mengatasi GBWhatsapp pending bisa dilakukan dengan beberapa cara menurut penyebabnya. Berikut ulasannya:

1. Cek Koneksi Jaringan Internet

Penyebab GBWhatsapp pending yang paling umum ditemui adalah tidak stabilnya koneksi jaringan internet pengguna. Oleh sebab itu, pertama cek koneksi jaringan yang terhubung pada smartphone. Apakah sinyal jaringan tetap stabil dalam keadaan full, naik turun, atau malah tidak ada jaringan sama sekali.

Jika sinyal lemah atau tidak stabil, cobalah cari lokasi dimana pengguna bisa mendapatkan sinyal yang kuat dan stabil. Misalnya pindah ke ruang yang lebih terbuka. Dengan demikian bisa terhindar dari berbagai benda yang bisa menghalangi dan melemahkan pancaran sinyal jaringan.

Coba cek paket data yang digunakan, jika sinyal full namun jaringan terputus. Jangan-jangan paket data sudah habis, sehingga smartphone tidak terkoneksi dengan internet. Cek juga kemungkinan terjadinya gangguan pada operator yang digunakan.

2. Manfaatkan Mode Pesawat

Fitur mode pesawat juga bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan jaringan yang bisa menyebabkan GBwhatsapp mengalami pending. Fitur ini memiliki fungsi seperti me-refresh jaringan.

Caranya, aktifkan mode pesawat. Ketika fitur ini aktif, maka koneksi jaringan operator pada ponsel akan diputus. Tunggu beberapa saat, kemudian matikan kembali fitur mode pesawat. Koneksi jaringan akan dimulai kembali dari awal. Seringkali cara ini ampuh untuk mengatasi koneksi jaringan yang lemah.

3. Ubah Setelan Jaringan

Cara mengatasi GBWhatsapp pending yang  ketiga adalah dengan mencoba mengubah setelan jaringan. Terkadang operator hanya mendukung tipe jaringan internet tertentu yang bisa digunakan di suatu daerah. Jadi jika salah pilih, jaringan tidak akan cukup kuat dan menyebabkan gagalnya pengiriman pesan.

Coba buka setelan jaringan pada ponsel cerdas pengguna. Kemudian ubah jenis data yang dipilih. Ketuk opsi pilihan 3G/4G untuk digunakan. Dengan demikian jaringan akan menyesuaikan dengan memilih tipe jaringan yang didukung operator di daerah tersebut.

4. Hapus Cache

Cache yang menumpuk juga bisa menyebabkan permasalahan pendingnya GB WhatsApp. Sebab bisa menyebabkan terlalu penuhnya memori ponsel. Akibatnya, jalannya aplikasi akan melambat. Cache yang tidak pernah dibersihkan juga bisa membuat aplikasi mengalami error.

Untuk mengatasinya, hapus cache aplikasi secara berkala. Jangan biarkan data menumpuk terlalu banyak hingga memenuhi ruang penyimpanan dalam memori. Selain menghapus cache, hapus pula data-data GBWhatsapp yang tidak penting. Misalnya kiriman foto atau video yang sudah tidak diperlukan.

5. Matikan Fitur Hemat Daya

Fitur hemat daya bekerja dengan meminimalisir penggunaan daya agar smartphone bisa berjalan lebih lama ketika daya ponsel sudah menipis. Fitur hemat daya ini otomatis akan aktif ketika baterai ponsel tinggal 15 persen.  

Sayangnya, untuk memangkas penggunaan daya, fitur ini akan menghentikan sementara beberapa kinerja ponsel. Salah satunya menyebabkan pendingnya perpesanan Whatsapp GB. Untuk mengatasinya, cukup non aktifkan fitur hemat daya pada ponsel cerdas yang digunakan.

6. Hapus Aplikasi Pembersih Ram

Aplikasi penghapus Ram seringkali dimanfaatkan pengguna untuk menjaga agar kinerja ponsel berjalan cepat. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini umumnya akan menghentikan aplikasi yang bekerja di latar belakang. Termasuk kinerja latar belakang aplikasi GB Whatsapp.

Untuk mengatasinya, nonaktifkan saja aplikasi penghapus ram ini. Lebih baik lagi, jika pengguna menghapus saja aplikasi ini. Untuk menjaga agar kinerja ponsel tetap cepat, pengguna bisa melakukan pembersihan secara manual.

Demikian beberapa cara mengatasi GBWhatsapp pending yang bisa pengguna coba. Selain keenam cara diatas, pengguna bisa juga mencoba merestart aplikasi Wa GB, atau merestart ponsel. Informasi lengkap mengenai GBWhatsapp bisa mengunjungi starpetrochem.co.id .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *