5 Tipe Part Time Job Yang Sering Kita Liat Di Drama Korea

oleh -30 views
5 Tipe Part Time Job Yang Sering Kita Liat Di Drama Korea
Hosting Unlimited Indonesia

K-Drama lovers pasti udah nggak asing sama salah satu kegiatan yang hampir selalu ada di setiap drama korea. Yap. Apalagi kalo bukan part time jobs, alias kerja paruh waktu.  ‘alba atau arebaite adalah sebutan part time job di Korea. Nggak cuma orang biasa, para artis dan idola Korea pun, banyak lho yang punya pengalaman sebagai  Part time worker sebelum mereka terkenalNah, di Korea Selatan sendiri, part time jobs udah jadi bagian orang-orang di sana sebelum dapet pekerjaan full time.

 

KIRA-KIRA SIAPA AJA YA YANG BISA PUNYA ‘PART TIME JOB’?

Yap! Jawabannya adalah semua yang udah di atas umur 15 tahun (umur Korea), tapi buat yang di bawah umur butuh surat persetujuan dari orang tua sebelum mereka melamar. Sayangnya, karena masih SMA, kemungkinan buat ngedapetin kerjanya jadi lebih susah karena anak SMA jarang punya waktu yang fleksibel. Beda sama yang mahasiswa atau yang belum bekerja. Oh iya, ternyata mahasiswa asing juga bisa lho punya part time job ini, asal kita punya surat izin dari imigrasi buat bekerja sambil kuliah. Yuk, kita cek  part time job  apa aja sih yang sering kita liat di drama Korea!

 

WAITERS CAFÉ & RESTORAN

Kayaknya  part time job  yang satu ini paling sering muncul di drama Korea, setuju nggak guys? Mungkin, salah satu alasan kenapa  part time job yang satu ini, sering banget muncul karena latar belakang café yang juga sering banget dijadiin buat tempat syuting. Dan ternyata pekerjaan ini nggak cuma di drama,  tapi juga populer di dunia nyata kehidupan orang-orang Korea.

 

PELAYAN DI POM BENSIN

Selain waiters café, pelayan pom bensin juga jadi salah satu part time job  yang sering kita liat. Ini terjadi  karena di Korea, pom bensin nggak cuma dikelola sama perusahaan-perusahaan besar, nyatanya ada juga pom bensin yang dijalankan secara pribada atau usaha pribadi. Dan tujuan adanya part time job ini, buat ngegantiin shift pekerja full time di siang hari. Karena, biasanya kalo di drama Korea jam kerja si penjaga pom bensin ini dimulai pada malam hari.

 

DRIVER PENGGANTI

Yang nonton drama  “Revolutionary Love”  pasti masih inget dong, sama salah satu adegan Baek  Joon, si  part time worker  yang punya part time jobnya jadi supir tengah malem. Nah ternyata, pekerjaan itu nggak cuma ada di drama aja guys, tapi juga ada di kehidupan nyata. Part time job  yang satu ini punya sebutan yaitu driver pengganti, yang biasanya beroperasi pada malam hari dan para pelanggannya biasanya orang-orang yang mabuk dan nggak kuat buat nyupir. Dan driver ini nggak sembarangan guys, mereka punya asosiasi yaitu Korea Service Driver Society. Lambat laun, pekerjaan ini meningkat 30% pada hari Jumat dan pekerjaan supir ini cuma menyupir mobil milik pelanggan, dengan bayaran 16$ per-mobil.

 

KASIR DAN PENJAGA MINI MARKET

Duh kebayang dong gimana kaget dan senengnya, kalo pas masuk mini market ternyata yang ngelayanin oppa-oppa yang kece abis? Drakor lovers pasti jawab “Iya lah!” Tau nggak sih, pekerjaan kasir dan penjaga toko atau mini market bisa juga jadi part time job lho di Korea. Mungkin kalo di Indonesia itu pekerjaan full time,  dan dibagi jadi beberapa shift. Tapi beda hal kalo di Korea,  biasanya mahasiswa atau pelajar SMA di sana rela buat nggak tidur  di malam hari dan nggak liburan di weekend, demi kerja di mini market. Kok bisa? Iya bisa, karena biasanya mini market  yang memperkerjakan  part time worker, adalah usaha mini market  yang dikelola secara pribadi.

 

PEKERJA BANGUNAN

Kayaknya sih ini part time job yang baru banget ada di drama Korea. Pekerja bangunan paruh waktu ini, nggak cuma dilakuin sama cowok tapi juga bisa sama cewek, cuma bedanya pekerjaan si cewek lebih mudah tapi tetep yang dikerjain soal bangunan juga. Part time job yang satu ini bisa kita liat di drama Revolutionary Love.

Pasti tertarik kan sama part time job  di Korea, yang tadi udah Gogirl! jabarin diatas tadi. Apalagi salary alias bayarannya lumayan buat nambahin uang jajan sehari-hari  dan juga pengalaman dan pelajaran yang nggak mungkin didapet di kampus atau sekolah. Hebatnya lagi, part time worker  di sana diperhatiin banget sama pemerintah, karena tiap tahunnya salary mereka bakal naik. Mungkin, itu jadi penyebab kenapa part time job  di Korea  populer banget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *