5 Manfaat Punya Linkedin Buat Kita Para Pelajar

oleh -33 views
5 Manfaat Punya Linkedin Buat Kita Para Pelajar
Hosting Unlimited Indonesia

Kita punya Twitter, Instagram, Snapchat, dan akun-akun media sosial (medsos) lainnya tapi berapa banyak di antara kita yang udah punya akun LinkedIn? Well, kalo kita termasuk di antaranya yang belum punya, baiknya segera bikin deh guys karena banyak banget manfaat yang bisa kita dapet dari medsos yang satu ini.

 

LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang ngebantu para profesional buat ngebangun jaringan dan karier mereka. Walaupun kebanyakan penggunanya emang para pekerja yang udah sekian tahun berkarier, tapi sebenarnya situs ini juga bisa dimanfaatin lho oleh kita para pelajar, terutama buat mahasiswa tingkat akhir yang bakal lulus dan mulai cari kerja dalam waktu dekat. Emangnya apa aja sih manfaatnya dan gimana kita bisa ngegunainnya? Yuk simak!

 

1. PERSONAL BRANDING

Inti dari personal branding adalah gimana kita diliat di mata orang-orang. Nggak cuma lewat foto-foto selfie di Instagram, lewat LinkedIn kita juga bisa ngebangun personal branding dengan memuat berbagai pengalaman, skill, dan pencapaian kita.

Walaupun kebanyakan pelajar pastinya belum punya pengalaman kerja, kita bisa ngakalinnya dengan menuliskan pengalaman organisasi, magang atau volunteer yang pernah kita ikuti. Kita juga bisa mamerin prestasi atau projek yang pernah kita buat selama sekolah/kuliah. Kurang lebih kayak gimana kita ngebuat curriculum vitae (CV) aja sih sebenernya. Tunjukin kemampuan dan keunikan kita, karena personal branding ini penting banget buat karier yang bakal kita bangun kedepannya.

 

2. BUILD PROFESSIONAL NETWORK

Sebenernya fungsi LinkedIn tuh sama aja kayak medsos-medsos lain yaitu buat ngejalin hubungan dengan orang-orang di sekitar kita, hanya aja secara lebih profesional. Yap, inti dari LinkedIn adalah professional networking. Koneksi yang luas tuh perlu banget lho guys buat kita di saat udah berkarier nanti, jadi bangunlah koneksi kiat mulai sekarang.

Jalin hubungan dengan sesama mahasiswa, rekan-rekan kerja di tempat magang, karyawan yang bekerja di perusahaan impian kita, para influencer di bidang yang kita minati, dan siapapun yang bisa ngasih pembelajaran buat kita. Ada lebih dari delapan juta pengguna LinkedIn di Indonesia saat ini dan mereka berasal dari berbagai bidang berbeda. Who knows informasi yang mereka bagiin di LinkedIn bisa jadi berguna buat kita.

 

3. NEW OPPORTUNITIES

Banyak banget kesempatan baru yang bisa kita temuin di LinkedIn. Kita bisa cari lowongan magang sembari ngerjain skripsi atau cari lowongan kerja buat persiapan begitu lulus kuliah nanti. Ada lho lowongan yang dimuat di LinkedIn tapi nggak diiklanin di tempat-tempat lain. Kita juga bisa ditemuin oleh calon tempat kerja kita karena ternyata nggak sedikit perusahaan yang secara aktif nyari calon karyawannya lewat LinkedIn. We just need to be there and they will find us kalo kita emang memenuhi kualifikasi yang mereka cari. Lumayan banget kan?

 

4. A LOT OF INFORMATIONS TO LEARN

Selain networking, LinkedIn bisa jadi salah satu platform bagi kita buat belajar. Kita bisa baca artikel yang ditulis oleh orang-orang sukses tentang bidang yang mereka kuasai. Ada juga LinkedIn Learning di mana kita bisa mempelajari skill-skill baru lewat video online.

 

5. THE EASIEST WAY TO MAKE YOUR CV

Bonus nih! Kita bisa dengan gampang nyimpen informasi-informasi yang ada di profil LinkedIn kita dalam bentuk PDF lho. Tinggal klik aja titik tiga yang ada di sebelah foto profil kita terus klik pilihan “save to PDF”. Jadi deh CV kita tanpa perlu ngetik ulang dan ngedesain! Walaupun sayangnya CV yang dibuat via LinkedIn ini emang polos banget sih, tapi seenggaknya kita jadi punya gambaran apa aja yang harus ada di CV kita.

 

Gimana guys, masih belum tertarik juga buat punya akun LinkedIn? Menurut Gogirl! sih rugi banget kalo di zaman media sosial ini kita aktif di Twitter atau Instagram, tapi nggak aktif di LinkedIn. Karena medsos yang satu ini bukan cuma tempat buat kita berbagi foto atau ngasih tau mutuals tentang apa yang lagi kita lakuin, tapi bisa juga jadi langkah awal dari karier kita di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *