5 Cara Mengatasi WhatsApp Eror dengan Tepat dan Cepat

by -139 Views
Hosting Unlimited Indonesia

Hal yang paling bikin kesal saat lagi sibuk-sibuknya atur urusan di WhatsApp tiba-tiba WA eror. Gangguan ini kadang terjadi pada waktu tertentu entah karena hp kita atau memang dari pihak pengembangnya.

Ada beberapa cara mengatasi WhatsApp eror. Namun, sebelum mengulas lebih jauh, kita akan mengetahui kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Sedikitnya ada empat  penyebab kenapa WhatsApp kerap eror saat lagi dibutuhkan. Pertama, WA down lantaran ada gangguan server atau pembaruan sistem yang sedang dilakukan.

Namun, bisa juga terjadi WA eror karena gangguan dari jaringan kita. Biasanya, hal ini terjadi saat hujan deras. Terakhir, mungkin penyebab masalah tersebut muncul karena WA belum di update ke versi terbaru dan APK WA tidak di download di Google play Store atau Apps Store.

Cara Atasi WhatsApp eror

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, mari kita selesaikan cara mengatasi WhatsApp eror dengan baik dan benar.

Cek apakah WhatsApp sedang down

Pertama, hal yang harus kalian lakukan atau dicoba adalah mengecek berita terkini tentang WA. Cara mengeceknya pun sangat mudah, kalian bisa mengunjungi website seperti DownDetector atau IsItDownRightNow.

Jika status di kedua website tersebut menyatakan eror, berarti besar kemungkinan, sedang berlangsung perbaikan bug di pihak pengembang.

Periksa jaringan internet

Setelah cara di atas telah dicoba dan menyatakan tidak eror maka besar kemungkinan jaringan di hp kalian sedang bermasalah alias gangguan.

Biasanya, jaringan data eror saat sedang berlangsung hujan deras. Atau, masalah lain nya seperti hal teknis pihak wifi.

Kalau disebabkan cuaca, caranya adalah dengan menunggunya normal kembali. Kalau ada perbaikan oleh pihak wifi, bisa menunggunya sampai selesai. Atau, mungkin ada masalah lainnya, maka merestart router adalah jalan satu-satunya.

Bersihkan cache aplikasi

Cara ini kerap luput dari pengguna WA saat berupaya cara mengatasi WhatsApp eror. Penumpukan memori cache bisa menjadi penyebab lantaran memori internal habis atau di bawah batas limit.

Solusinya, hapus cache. Caranya, masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp > Penyimpanan & cache > Hapus cache.

Selain itu, kalian juga bisa menghapus penyimpanan untuk membersihkan semua data, tetapi Anda harus membackup chat terlebih dahulu.

Update WhatsApp ke versi terbaru

Jika masih eror, silahkan cek Google Play Store atau Apps Store, apakah ada update terbaru dari WhatsApp. Jika ada segera lakukan pembaharuan.

Updating penting untuk memaksimalkan kinerja WhatsApp dan menghapus bug WA di dalamnya.

Scan dan hapus virus

Jika kalian pengguna resmi WA yang diunduh di Play Store dan Apps Sore maka virus tidak mungkin ada. Virus akan muncul di WhatsApp GB yang diunduh dari pihak ketiga.

Solusinya jangan unduh WA GB. Meta sudah memberikan APK gratis dengan desain simple dan fitur yang menguntungkan. Jadi, buat apalagi unduh WA GB.

Jika alasannya karena punya dua nomor. Sekarang, WhatsApp sudah bisa menggunakan multi akun. Solusi lainnya, kalian bisa unduh WA bisnis. Semudah itu.

Penutup

Demikianlah lima cara mengatasi WhatsApp eror yang mungkin bisa dicoba satu persatu. Kelima cara tersebut sangat mudah dilakukan.

No More Posts Available.

No more pages to load.